Jaga Kebersihan Ketika Gunakan Popok pada Bayi

Menjaga kebersihan jadi bagian penting dalam keseharian yang harus disadari dan diperhatikan, Termasuk saat menggunakan popok atau diapers pada bayi Anda. Penggunaan Sweety maupun produk diapers lainnya menjadi tanggung jawab para ibu. Selain memilih popok berkualitas baik dan terbuat dari bahan lembut, Anda pun wajib pastikan pemakaiannya sudah tepat, serta terjaga kebersihannya.

Untuk tetap jaga perlengkapan bayi satu ini, tidak hanya rutin menggantinya dan menghindari kondisi lembab pada area tubuh bayi. Kondisi lembab dan kotor akan jadi sarang keberadaan kuman dan bakteri.

Menjaga Kebersihan Popok Bayi

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda terapkan untuk menjaga kebersihan popok si kecil.

1.     Pastikan Penggunaan Popok Aman

Bahan umum dalam membuat popok memang umumnya ramah terhadap kulit bayi yang masih sensitif. Tetapi tidak semua produk memiliki kualitas bahan atau material yang dari segi kualitasnya baik. Untuk itu Anda harus memilih diapers yang tepat dan cocok dengan si kecil. Pemakaian diapers pada bayi sendiri memang berisiko datangkan reaksi alergi bila bayi Anda memiliki alergi terhadap material dari diapers.

2.     Cuci Tangan Anda Sebelum dan Sesudah

Selalu cuci tangan dengan sabun dan di bawah air mengalir sebelum dan sesudah pakaikan popok pada si kecil merupakan cara paling dasar untuk tetap menjaga kebersihan selama menggunakan popok. Terdapat dua jenis popok yaitu popok sekali pakai dan popok yang reusable.

Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemakaian jenis sekali pakai memang lebih terjaga kebersihannya dan lebih praktis, sehingga mampu menghemat tenaga dan waktu Anda. Hanya saja Anda perlu pilih produk terbaik dan lakukan cara pemakaian yang tepat untuk hindari berbagai macam risiko.

3.     Pastikan Air Bersih

Saat ganti popok, sebelum mengaplikasikan Sweety ke area tubuh si kecil, Anda perlu membersihkan lebih dulu dengan air bersih dan lap atau kapas. Fungsinya untuk tetap membuat area sehabis gunakan popok kembali bersih.

Jika Anda sedang pergi ke luar rumah dan harus mengganti popok si kecil, Anda bisa andalkan air mineral kemasan untuk memastikan air yang dipakai bersih. Memakai air kurang bersih akan meninggalkan bakteri dan kuman yang akan datangkan penyakit bagi bayi Anda.

4.     Bersihkan Secara Teliti

Sering kurang diperhatikan, membersihkan area tubuhnya saat akan gunakan atau ganti popok pun harus dengan teliti. Banyak ibu atau pengasuh yang tidak membersihkan dengan maksimal dan meninggalkan kotoran di area kulitnya.

Tidak hanya menjadi sumber bakteri dan kuman, kotoran yang tertinggal bisa timbulkan rasa kurang nyaman bagi si kecil. Pakai kapas lembut yang tidak mudah robek atau rusak untuk pastikan tidak ada komponennya yang tertinggal

Bukan hanya popok, banyak sekali perlengkapan bayi yang dalam penggunaannya harus sangat Anda perhatikan, terutama dalam hal kebersihan. Sebab banyak yang tidak menyadari keberadaan kuman, bakteri, hingga virus yang bisa menempel akibat kurang menjaga kebersihan. Pilih perlengkapan berkualitas seperti Sweety dan banyak produk lainnya dalam hindari terjadinya iritasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *